Wasiat Datu Sanggul Sebelum Wafat : Yang Memandikan Jenazahku ialah Dangsanak ku Bernama Arsyad Di Dalam Pagar Martapura | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 05 Juni 2022

Wasiat Datu Sanggul Sebelum Wafat : Yang Memandikan Jenazahku ialah Dangsanak ku Bernama Arsyad Di Dalam Pagar Martapura



Pada suatu kesempatan, Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari pergi ke Kampung Tatakan (Hulu Sungai) bersama murid beliau dengan naik perahu. Tujuan beliau adalah mendatangi sahabat beliau yang bernama Ahmad Sirajul Huda (Datu Sanggul). Sesampainya disana, hari mulai senja. Rombongan Datu Kalampayan pun diantarkan oleh tetuha kampung menuju rumah Datu Sanggul.

Di lain tempat, Datu Sanggul sebelum senja berkumpul dengan keluarga dan berwasiat : "apabila aku tutup usia, maka untuk memandikan jenazahku aku minta dangsanak ku Arsyad lah yang melaksanakannya. Dia ada di kampung Dalampagar Martapura".

Setelah Datu Sanggul wafat, bersiaplah keluarga beliau pergi ke Dalampagar Untuk menyampaikan wasiat itu kepada Datu Kalampayan.

Ketika hendak pergi, tiba tiba Datang rombongan Datu Kalampayan di depan pintu rumah Dari Datu Sanggul. Semua yang hadir saat itu begitu takjub dengan kebesaran Allah SWT dan karomah kedua nya. Allah mudahkan segala urusan hingga terlaksana lah wasiat Datu Sanggul dengan sempurna.

Tak hanya memandikan, Datu Kalampayan juga membawa beras, lauk pauk dan keperluan lainnya. Itu semua digunakan untuk keperluan wafat nya Datu Sanggul di Kampung Tatakan Hulu Sungai.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Menjenguk Sahabat" hal 64


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner